Bisnis

Freelancer – Cara menghasilkan lebih banyak uang dari klien yang sudah Anda miliki

Upselling adalah keterampilan yang sebagian besar wiraswasta tidak cukup menggunakannya. Apa sebenarnya peningkatan penjualan? Sederhananya, menjual pelanggan lain, biasanya produk yang terkait erat, setelah penjualan awal dilakukan.

Misalnya, jika Anda melengkapi brosur untuk pelanggan, Anda dapat menawarkan untuk menambahkannya ke situs web mereka, dalam bentuk versi web.

Ketika sebagian besar pemilik usaha kecil di luar penerbitan/iklan/komunikasi pertama kali mulai menggunakan penulis lepas, mereka tidak tahu bagaimana mengembangkan bisnis mereka.

Jadi, terserah Anda, penulis lepas (desainer grafis, desainer web, ilustrator) untuk memberi tahu mereka. Semua itu dikatakan, bagaimana Anda menjual ke klien? Berikut adalah 3 hal yang menurut saya bekerja dengan baik untuk saya:

1. Biasakan: Sebagian besar pekerja lepas akan menyelesaikan sebuah proyek, membalikkannya dan mengatakan sesuatu dengan efek, “Ingat saya untuk semua kebutuhan penulisan lepas Anda.”

Ini tidak untuk dijual! Untuk meningkatkan penjualan secara efektif, Anda perlu menjadikannya kebiasaan, dan itu berarti memiliki prosedur agar Anda tidak dilupakan. Cara yang baik untuk melakukan ini adalah kalender tindak lanjut proyek.

Apa kalender tindak lanjut proyek? Mencantumkan tindakan spesifik yang Anda ambil setiap kali Anda mengirimkan proyek. Misalnya, jika Anda berjanji untuk melakukan tiga tindakan tindak lanjut setiap kali Anda mengirimkan proyek, mungkin akan terlihat seperti ini:

2/12: Serah terima proyek

19/2: Tindak Lanjut #1: Hubungi untuk memastikan semuanya baik-baik saja dengan proyek yang dikirimkan minggu lalu dan minta brosur* yang Anda kirimkan bersama proyek. Berdasarkan jawaban ini, lakukan hal berikut:

26/2: Tindak Lanjut #2: Tindak lanjuti brosur yang Anda kirim kembali setelah panggilan minggu lalu

3/5: Tindakan Tindak Lanjut #3: Sentuh basis untuk melihat apakah mereka ingin melanjutkan dengan e-book yang kita diskusikan minggu lalu

* Buat brosur yang mencantumkan semua layanan Anda – dan sertakan dengan setiap proyek yang Anda berikan. Seminggu atau lebih setelah proyek dikirimkan, silakan dan tanyakan apakah mereka memiliki kesempatan untuk melihat brosur bersama dengan layanan lain yang Anda tawarkan. Jika mereka mengatakan tidak, tawarkan untuk menindaklanjuti lagi dalam seminggu atau lebih. [Follow the actions outlined in your project follow-up calendar].

2. Spesifik pada bisnis mereka: Meskipun menyertakan brosur yang mencantumkan semua layanan yang mereka tawarkan adalah ide bagus, salah satu yang paling berhasil menurut saya adalah spesifik untuk bisnis mereka.

Misalnya, saya melihat sebuah artikel di situs web Anda tentang manfaat asuransi banjir. Pernahkah Anda berpikir untuk membuat bagian ini menjadi surat langsung dan/atau seluruh e-book yang merinci pro dan kontra dari jenis asuransi ini?

Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin serius calon pelanggan membeli suatu produk, semakin banyak informasi yang ingin mereka dapatkan tentang produk tersebut. Membuat e-book dan/atau mailer tentang hal ini dapat sangat meningkatkan penjualan.

Sebuah e-book 7 halaman di atas dapat diselesaikan dalam waktu seminggu. Ini bisa menjadi alat promosi yang hebat untuk seminar kepemilikan rumah, konferensi jaringan, hadiah lepas, dll.

Saya akan menindaklanjuti ini dalam 3 hari ke depan, setelah saya melihat proyek ini. Jenis tindak lanjut ini menunjukkan kepada klien bahwa Anda telah: a) meneliti bisnis mereka; 2) Bersikap proaktif dalam memikirkan cara untuk membantu mereka mengembangkannya.

Tahukah kamu? Tidak ada yang bisa terjadi dengan kontak kecuali Anda tetap berhubungan. Menunggu mereka menelepon Anda adalah hal yang sia-sia. Mereka mungkin bertemu freelancer lain yang masih berhubungan, kehilangan kartu Anda, atau melupakan situs web Anda.

3. Tetap berhubungan: Sebagian besar pekerja lepas – pada kenyataannya, sebagian besar pemilik usaha kecil – menjatuhkan pedang mereka di sini.

Untuk mengulangi, tidak ada yang bisa terjadi dengan kontak kecuali mereka tetap berhubungan. Menunggu mereka menelepon Anda adalah hal yang sia-sia. Mereka mungkin bertemu freelancer lain yang masih berhubungan, kehilangan kartu Anda, atau melupakan situs web Anda.

Adalah tanggung jawab Anda untuk tetap berhubungan karena ketika seseorang membutuhkan seorang penulis (desainer grafis, ilustrator, desainer web, dll.), Anda ingin menjadi yang pertama memikirkan mereka.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button