Teknologi

Hubungi Dukungan Teknis Windows – Kiat untuk menghindari penipuan dari penjahat dunia maya

Kami tidak lagi hanya memerangi email spam – scammer juga menghubungi telepon kami. Hanya karena seseorang mengaku menelepon dari perusahaan yang sah, tidak berarti mereka benar-benar mewakili perusahaan itu, juga tidak menyatakan bahwa niat mereka murni.

Kami telah melihat putaran kedua scammers telepon ini membanjiri rumah kami dan menyebabkan masalah serius. Mereka sering memulai dengan membuat Anda lengah, menipu Anda agar percaya bahwa komputer Anda telah diretas atau menunjukkan gejala virus jahat. Sangat menakutkan untuk berpikir bahwa data sensitif Anda tidak aman, termasuk kata sandi, data perbankan online, akun media sosial, kartu kredit, dan data pelanggan Anda. Di sinilah mereka mendapatkan Anda – mereka mengklaim membantu melindungi data Anda.

Penelepon ini agresif dan mengaku milik organisasi dengan nama yang terkenal dan familiar:

  • Meja Bantuan Windows

  • Pusat Layanan Windows

  • Dukungan Teknis Microsoft

  • Dukungan Microsoft

  • Tim teknis bersertifikat Microsoft

  • Grup Dukungan Administrasi Teknis Windows

  • Tim Litbang Microsoft (Tim Litbang Microsoft)

  • Nama merek pembuat komputer seperti “Dell”

  • Perusahaan keamanan bermerek seperti “Symantec” dan “McAfee”

Untuk memeriksa kesalahan pada komputer Anda, mereka meminta Anda untuk melakukan berbagai tugas:

  • Mereka mengarahkan Anda untuk melihat komputer Anda dan membaca informasi yang dapat mengarah pada “diagnosis”. Mereka sering mengarahkan Anda ke daftar log kesalahan yang tidak berbahaya dan tingkat rendah.

  • Mereka mengarahkan Anda ke situs web palsu yang dapat memasang spyware di perangkat Anda.

  • Mereka ingin Anda memberi mereka akses jarak jauh ke komputer Anda, sehingga mereka dapat melakukannya untuk Anda.

  • Kemudian mereka meminta informasi kartu kredit sehingga mereka dapat menagih layanan palsu yang mereka berikan.

Ada sejumlah argumen yang perlu dipertimbangkan saat menerima panggilan seperti ini:

Argumen #1: Apakah organisasi tersebut benar-benar menghasilkan uang dengan melakukan panggilan ke rumah? tentu saja tidak! Memecahkan masalah virus dengan panggilan telepon proaktif bukanlah tempat organisasi besar seperti Microsoft atau Dell menghasilkan uang. Mereka memiliki ikan yang lebih besar untuk digoreng; Mereka ingin menjual perangkat lunak dan perangkat keras.

Argumen nomor 2: Apakah mereka sudah tahu komputer mana yang bermasalah? Karena jika mereka melacak Anda, mereka pasti tahu nama komputer Anda dan memberi tahu Anda tentangnya dan bagaimana Anda dapat memeriksanya. Jangan tertipu jika mereka mengetahui nama Anda dan informasi pribadi lainnya, karena data ini tersedia melalui berbagai sumber online. Hanya karena mereka tahu Anda memiliki PC Windows tidak cukup untuk validasi.

Argumen No. 3: Apakah mereka akan memberi Anda nama dan nomor telepon mereka untuk dihubungi kembali? Mungkin ada kasus yang sangat jarang terjadi di mana Microsoft melakukan panggilan, tetapi tidak pernah memberikan informasi pribadi Anda, tidak pernah memberikan informasi kartu kredit, tidak pernah memberi mereka akses ke komputer Anda, dan tidak pernah memberikan kata sandi atau login. Mungkin mereka orang baik, mungkin mereka ingin Anda berbicara dengan manajer mereka, tetapi buktikan sebelum Anda mengambil risiko membuat kesalahan… Ambil info mereka dan hubungi dukungan teknis Anda, atau hubungi teman teknis. Apakah Anda pikir Anda memiliki virus di komputer Anda atau apakah ini berita baru untuk Anda? Intinya adalah, jangan pernah mempercayai panggilan spam kecuali Anda dapat mengonfirmasi bahwa itu adalah perwakilan sah dari tim dukungan komputer yang sudah menjadi pelanggan Anda.

Argumen No. 4: Tanyakan apakah ada biaya atau berlangganan layanan. Jika ada, kemungkinan besar penipuan.

Argumen No. 5: Apakah mereka meminta Anda untuk menginstal perangkat lunak mereka sendiri? Program yang diunduh scammers ini di komputer Anda seringkali tidak berguna meskipun nama programnya terdengar bermanfaat. Lebih sering daripada tidak, perangkat lunak sebenarnya adalah malware atau spyware yang diatur untuk mencuri kata sandi dan data lain setelah panggilan telepon Anda.

Jika Anda adalah korban …

Penelepon ini benar-benar menipu, dan kami telah melihat teman baik jatuh karena taktik ketakutan mereka. Jika Anda sudah menjadi korban, ada beberapa tugas penting yang harus diselesaikan untuk melindungi diri Anda sendiri.

  • Pembayaran ditolak: Hubungi perusahaan kartu kredit Anda dan tolak setiap dan semua biaya terkait.
  • Matikan komputer Anda: Jangan melakukan perbankan online, pembelian atau transfer uang sampai Anda memverifikasi bahwa komputer Anda bebas dari spyware dan virus.
  • Hapus malware dan spyware: Pindai komputer Anda dari malware atau spyware.
  • Ubah kata sandi Anda: Ubah kata sandi komputer Anda, kata sandi email, kata sandi akun keuangan Anda, dan kata sandi lain yang menurut Anda mungkin diretas.
  • Cari bantuan profesional: Jika Anda benar-benar khawatir, kami sangat menyarankan Anda untuk menghubungi dukungan teknis setempat atau bahkan menghubungi perusahaan nama besar yang diklaim oleh penelepon.

Bagian yang membuat frustrasi dari tren penipuan ini adalah bahwa jumlah orang yang telah berhasil ditipu harus cukup tinggi agar para penipu terus mencoba. Jika tidak, volume panggilan tidak akan terus meningkat seperti yang terjadi selama beberapa tahun terakhir. Satu-satunya cara untuk naik di atasnya adalah tetap terdidik dan tetap waspada. Lindungi data pribadi Anda serta lindungi keluarga, kesehatan, dan kehidupan Anda. Jangan biarkan siapa pun menghalangi Anda dan orang lain, dan pastikan teman dan keluarga Anda mengetahuinya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button