Teknologi

Komputasi hijau – bagaimana Anda dapat membuat perbedaan

Apa itu komputasi hijau?

Pemanasan global dan perubahan lingkungan telah menjadi masalah besar dengan pemerintah, bisnis, dan rata-rata joe sama yang mencari cara baru untuk merevitalisasi aktivitas sehari-hari mereka. Komputer tentu saja merupakan bagian besar dari kehidupan banyak orang dan secara tradisional telah menyebabkan kerusakan besar pada lingkungan, yang menimbulkan pertanyaan: Apa itu komputasi hijau?

Komputasi hijau adalah studi dan praktik mengurangi dampak lingkungan dari komputer melalui efisiensi: pembuatan, penggunaan, dan pembuangan.

masalah sampah elektronik

Limbah elektronik adalah masalah yang berkembang secara global karena keusangan elektronik yang cepat, yang merupakan 70% dari semua limbah berbahaya. Limbah komputer mengandung banyak zat beracun seperti logam berat dan plastik tahan api, yang mudah larut ke dalam air tanah dan terakumulasi secara biologis. Selain itu, pembuatan chip menggunakan beberapa gas dan bahan kimia paling mematikan yang diketahui manusia dan membutuhkan sumber daya dalam jumlah besar.

Rata-rata, 24 juta komputer di Amerika Serikat sudah usang. Hanya sekitar 14% (atau 3,3 juta) yang akan didaur ulang atau disumbangkan. Sisanya – lebih dari 20 juta komputer di AS – akan dibuang, dibakar, dikirim sebagai limbah ekspor, atau disimpan sementara untuk penanganan selanjutnya. Kami tidak pernah berhenti memikirkan apa yang terjadi ketika laptop kami mati dan kami membuangnya. Memang, baik membusuk di tempat pembuangan sampah atau anak-anak di negara berkembang akhirnya memecahnya dengan tangan, melelehkan potongan beracun untuk memulihkan jejak logam mulia seperti emas.

pemborosan listrik

Manufaktur komputer mengkonsumsi 1.818 kWh listrik sebelum menyalakannya, dan ketika dihidupkan, komputer biasa menggunakan 120 watt. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan komputer dibiarkan menganggur sepanjang hari, dan banyak yang dibiarkan terus-menerus menyala. Setiap kali kita meninggalkan komputer, kita membuang-buang listrik tanpa memikirkan dari mana listrik itu berasal. Mayoritas listrik dunia dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil yang mengeluarkan polutan seperti belerang dan karbon dioksida ke udara. Emisi ini dapat menyebabkan penyakit pernapasan, kabut asap, hujan asam dan perubahan iklim global.

Masa depan komputasi hijau

Sebuah perusahaan Kanada, Userful Corporation, telah menemukan solusi yang mengubah satu komputer menjadi 10 – DiscoverStation. Dengan cepat menjadi standar komputasi hijau di seluruh dunia, DiscoverStation memanfaatkan kekuatan komputasi yang tidak terpakai dari komputer modern untuk menciptakan alternatif yang efisien lingkungan untuk komputasi desktop tradisional. Beberapa pengguna dapat bekerja di satu komputer hanya dengan menghubungkan hingga 10 monitor, mouse, dan keyboard. Hal ini memungkinkan pengurangan emisi CO2 hingga 15 ton per tahun per sistem dan pengurangan limbah elektronik hingga 80%. Userful baru-baru ini menyatakan bahwa tahun lalu program mereka menghemat lebih dari 13.250 ton emisi karbon dioksida, setara dengan menghilangkan 2.300 mobil dari jalan. (Informasi lebih lanjut di: http://userful.com/green-pcs)

Uni Eropa

Uni Eropa sedang menangani masalah bercabang dua ini. Perusahaan sekarang harus memproduksi komputer yang bebas dari zat beracun terburuk dan bertanggung jawab untuk memulihkan produk lama mereka. Dihadapkan dengan membongkar dan mendaur ulang suku cadang dalam proses manufaktur, perusahaan membuat keputusan yang lebih bernuansa tentang bagaimana merakit suku cadang ini di tempat pertama. Pada tahun 2002, NEC memperkenalkan komputer pertama yang menggunakan solder bebas timah, kotak plastik yang sepenuhnya dapat didaur ulang, yang tidak mengandung penghambat api beracun. Sejak itu, banyak perusahaan komputer di seluruh dunia mulai menjual komputer bebas timah dan telah menjadi praktik umum bagi perusahaan untuk menawarkan pelanggan mereka daur ulang komputer lama mereka secara gratis.

Cara untuk melindungi lingkungan

Berikut adalah beberapa saran yang akan membantu Anda mengurangi daya komputer Anda:>

  • Jangan gunakan screensaver. Mereka membuang-buang energi, mereka tidak menghematnya.
  • Belilah komputer dan monitor bermerek bintang yang dapat diprogram untuk “mati” atau “tidur” secara otomatis saat tidak digunakan.
  • Jika Anda menggunakan lebih dari satu komputer, fitur 10 to 1 Userful dapat menghemat listrik dan dompet Anda.
  • Matikan komputer dan periferal Anda saat tidak digunakan. Ini tidak akan merusak peralatan.
  • Gunakan layar datar yang mengkonsumsi sekitar setengah listrik dari layar tabung sinar katoda (CRT).
  • Beli printer inkjet, bukan printer laser. Printer inkjet menggunakan energi 80 hingga 90 persen lebih sedikit daripada printer laser dan kualitas cetak bisa sangat baik.

Jika kita semua melakukan ini setiap hari, kita bisa membuat perbedaan kecil. Kami hanya memiliki satu tanah. Mari kita tangani dengan benar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button