Kesehatan

Manajemen obat – konsep dan pentingnya dalam layanan perawatan kesehatan di rumah

Penelitian terbaru di bidang kedokteran telah menyebabkan munculnya banyak obat-obatan ini yang membantu dalam memperpanjang rentang hidup orang. Ini membuat hidup lebih bahagia dengan kesehatan. Obat-obatan modern membantu dalam diagnosis dini penyakit dan dengan demikian orang mendapatkan bantuan tepat waktu.

Karena obat-obatan meningkat dari hari ke hari, orang harus melacak jadwal dosis dan asupan obat yang sama. Dengan demikian konsep manajemen medis muncul.

Apa itu manajemen medis?

Manajemen obat adalah konsep yang sangat baru. Ini adalah perawatan medis yang diberikan oleh apoteker yang bertujuan untuk meningkatkan terapi obat dan meningkatkan hasil pasien. Konsep ini baru-baru ini diterima oleh banyak perusahaan farmasi pada tahun 2004.

Untuk siapa itu berlaku?

Manajemen medis membantu orang melacak dosis dan berapa banyak obat yang harus diminum. Obat-obatan adalah obat-obatan yang menyelamatkan jiwa, tetapi jika obat-obatan tidak diminum sesuai dengan kebijakan obat-obatan dan dalam jumlah yang ditentukan atau pada jam-jam yang ditentukan, obat-obatan tersebut dapat membahayakan tubuh Anda secara negatif dan membuat Anda lebih sakit.

Kondisi seperti itu umumnya muncul pada orang tua, orang sakit parah, dan orang cacat. Orang-orang ini mungkin merasa sulit untuk melacak dosis obat mereka yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kesehatan mereka dan mungkin berakibat fatal.

Bagaimana cara kerja manajemen medis?

Untuk mempertahankan jadwal pengobatan yang tepat, ini membantu dalam bentuk pengasuh. Dalam manajemen medis, pasien, perawat, dan apoteker bekerja sebagai tim dan dengan demikian memecahkan masalah obat.

Apoteker dan dokter menyiapkan lembar fakta pasien yang akan diikuti oleh pengasuh sebagai panduan untuk memberikan perawatan pasien. Tim ini dibentuk agar secara kolektif mereka dapat menangani semua variasi dari level yang sederhana hingga situasi yang kompleks.

Manfaat manajemen medis

Ini membantu pasien dalam beberapa cara sebagai berikut:

  • Untuk orang yang kesulitan mengingat tanggal dosis, apoteker dapat menyediakan kotak pil khusus untuk mengingatkan pasien atau pengasuh kapan harus minum obat.
  • Kotak pil dapat berkisar dari kotak pil berteknologi rendah hingga berteknologi tinggi. Kotak pil sederhana adalah wadah sederhana dengan slot berbeda untuk hari yang berbeda sementara kotak pil berteknologi tinggi berisi alarm dan pengatur waktu untuk mengingatkan Anda tentang jadwal pengobatan.
  • Untuk pasien lanjut usia atau pasien yang tidak dapat membaca, apoteker dapat memberikan label medis dalam ukuran font yang besar.
  • Untuk pasien dengan masalah pendengaran, tim ini dapat membantu pasien dengan berbicara keras-keras agar pasien tidak melewatkan poin penting. Dalam kasus seperti itu, pengasuh juga dapat membantu pasien mendengarkan atas nama mereka.
  • Ada banyak obat dan peralatan seperti obat tetes mata, obat tetes telinga, inhaler, dan alat suntik yang perlu dikonsumsi pasien untuk mengobati penyakitnya. Beberapa pasien cacat mungkin mengalami kesulitan membuka botol obat, mengambil suntikan, memasukkan obat tetes telinga atau obat tetes mata, dll. Pengasuh dapat membantu pasien ini dengan obat-obatan dan peralatan.

masalah yang dihadapi pasien

Banyak penyakit membutuhkan banyak obat. Dalam kasus seperti itu, tim ini membantu pasien dengan kebutuhan khusus mereka.

Juga, dalam kasus seperti itu, tim ini harus terus melacak apakah pasien benar-benar membutuhkan semua obat yang diresepkan, jika satu obat berinteraksi dengan obat lain yang dia pakai, apakah pasien sudah diberi resep dengan dosis yang tepat, dan seterusnya. Ini membantu pasien untuk mengikuti. kesehatan mereka dengan mengurangi masalah.

Manajemen medis merupakan konsep yang sangat penting dikembangkan untuk pasien yang membutuhkan. Setiap orang dalam hidupnya pasti menghadapi masalah medis baik di usia muda maupun di usia tua. Sudah menjadi kewajiban masyarakat untuk menjaga sesama warga di sekitar kita.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button