Teknologi

Sejarah Usenet

Pada tahun 1979, dua mahasiswa di Duke University memutuskan untuk mengganti sistem papan reklame yang sudah tua yang digunakan universitas untuk iklan lokal. Dua siswa, Tom Truscott dan Jim Ellis, dengan bantuan Steve Bellovin, menciptakan paket Usenet pertama yang disebut “netnews”, yang memanfaatkan perangkat lunak komunikasi pada sistem Unix yang disebut UUCP (Versi Unix-ke-Unix). Server, juga disebut node, menggunakan koneksi antara departemen komputer Duke University dan University of North Carolina – Chapel Hill.

Pada tahun 1980, netnews berganti nama menjadi “A News”, dan dirilis ke publik. Universitas dan fasilitas penelitian lainnya telah mulai membuat node Usenet mereka sendiri. Karena jumlah node terus bertambah, tidak lama kemudian volume lalu lintas melebihi kemampuan skrip asli untuk ditangani. “A News” telah digantikan oleh “B news,” yang dikembangkan oleh siswa Cal Berkeley Mark Horton dan siswa sekolah menengah Matt Glickman. Selain menggunakan UUCP, “B news” juga memanfaatkan koneksi DARPA cal-berkeley untuk menyediakan tautan ke ARPANET, jaringan pemerintah AS yang agak mirip dengan Internet modern, yang menghubungkan lembaga pemerintah, fasilitas penelitian utama, dan universitas bersama-sama. .

Pada tahun 1986, Network News Transfer Protocol (NNTP) dikembangkan untuk menggantikan UUCP, dan sebuah paket bernama NNTPd ditulis untuk bekerja dengan repositori artikel di “B News”. Tidak seperti UUCP di mana setiap node mengirim artikel ke node lain berdasarkan jalur dalam artikel, yang dapat mengakibatkan menerima duplikat, NNTP mengizinkan node untuk saling menanyakan dan mengirim artikel hanya ke server lain yang hilang. Ini secara signifikan mengurangi jumlah lalu lintas artikel, dan aspek “selalu aktif” dari Internet mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mendistribusikan artikel ke semua node. NNTPd juga memungkinkan pembaca berita untuk berjalan di mesin klien daripada mengharuskan mereka untuk berjalan di sebuah node. Klien pembaca berita dapat terhubung ke server melalui Internet, atau menggunakan Ethernet perusahaan. Ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh hanya artikel yang menarik ke komputer mereka, daripada harus memiliki umpan lengkap untuk mendapatkan semua artikel di grup yang ingin mereka baca, atau akun di node sehingga mereka dapat membaca grup berita.

Pada tahun 1987, “C News” dirilis oleh Henry Spencer dan Geoff Colyer, dari University of Toronto, dan selama beberapa tahun berikutnya perlahan-lahan mengakuisisi operasi Usenet dari “B News”. Berbeda dengan akhiran “A News”, “C News” sebagian besar kompatibel dengan “B News” sehingga situs dapat beralih ke perangkat lunak baru dengan kecepatan mereka sendiri. Pada tahun 1989, ketika pengembangan BNews terhenti, sebagian besar situs telah beralih ke CNews. “C News” masih sangat terkait dengan asal Unix dan awalnya ditulis dengan shell Unix dan awk untuk melakukan sebagian besar operasi. Rilis berturut-turut dari “C News” menggantikan sebagian besar skrip yang ada dengan kode C untuk lebih meningkatkan kinerja. Desain modular membuat penggantian bagian-bagian terpisah dari sistem dengan kode C menjadi masalah yang cukup sederhana. C News masih menggunakan UUCP dan modem untuk mentransfer artikel antar node, tetapi NNTPd dapat digunakan untuk mengirimkan artikel melalui Internet ke klien pembaca berita dan node lain yang terhubung ke Internet.

Juga pada tahun 1987, sekelompok administrator, yang menyebut diri mereka “Tulang Punggung Kabal,” mengambil inisiatif untuk mengatur ulang newsgroup ke dalam hierarki logis, yang merupakan asal dari hierarki yang Anda lihat sekarang. Caballe menciptakan tujuh hierarki asli, yang disebut “Tujuh Besar”, *comps, dan berita. *, mis. *, rekomendasi *, ilmu *, sosial. * dan bicara. *. Setelah beberapa saat, dan banyak berkampanye, kaum Kabbalis juga sepakat untuk membuat *hierarki alternatif yang belum dikelola oleh mereka untuk menciptakan apa yang sekarang dikenal sebagai “Delapan Besar”. * alternatif hierarkis. *, yang memungkinkan siapa saja yang memiliki sedikit teknologi untuk mengetahui cara membangun newsgroup, sekarang merupakan hierarki paling populer dan aktif yang tersisa di Usenet.

Pada tahun 1991, “C News” digantikan oleh paket bernama InterNetNews (INN) yang ditulis oleh Rich Salz, dari Konsorsium Sistem Internet. INN mengimplementasikan NNTP sepenuhnya sebagai layanan kelas satu dalam program berita, tetapi masih dapat bekerja dengan transfer UUCP lama, meskipun fungsi ini jarang digunakan lagi. Penerapan NNTP dalam program, bersama dengan perbaikan desain lainnya untuk “C News”, secara signifikan meningkatkan kinerja program berita secara keseluruhan. Sebagian besar penyedia Usenet komersial modern menggunakan INN atau perangkat lunak khusus berdasarkan INN.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button